180 Volt

volt.jpg“Ada es batu pak ?..”, tanya seorang pelanggan “Es batu ?? ” tanyaku kembali..” ntar ya pak….” aku ke belakang untuk mengecek di kulkas belakang…. tak lama kemudian aku balik lagi..”waduh pak…enggak ada yang beku…tuch.., baru mau beku udah mati lagi listrik” kataku.. “iya nich.. kacau kali PLN kita…. ok lah , biar saya cari tempat lain dulu… ” sambil menstater hondra supra fitnya..Makin banyak saja yang kesal dengan PLN pikirku.

Aku melangkah ke arah depan untuk mengisi botol sosro ke kulkas showcase (Uchida). saat pintunya aku buka, tidak keluar hawa dingin seperti biasanya, aku cek stelannya, ternyata sudah maksimum. kenapa gini ya ??? tak lama kemudian terdengar suara aneh dari bawah kulkas dan kulkas sedikit bergoyang (tersentak).

Karena penasaran aku ambil VoltMeter dan mengukur tegangan PLN, busee…ttt hanya 180 Volt, kemana yang 40 lagi…pantesan aja kulkasnya enggak bisa kerja maksimal, aku perhatikan juga lampu di kedai, sedikit redup memang..

Pukul 23.25 Gelap Gulita, ternyata giliran wilayah kami mati lampu malam ini, aku pasang lilin sebagai penerangan sementara, tak lama kemudian aku dengar kudengar mesin genset mulai dihidupkan oleh Polo yang berjualan nasi goreng disamping. Genset ini sengaja aku beli untuk melancarkan aktifitas jualan (khusunya di malam hari).

Setelah kedai terang benderang, orang-orang mulai berdatangan mencari kebutuhan yang paling penting kala mati lampu. Apalagi kalau bukan lilin dan obat anti nyamuk (Autan, SoftPell atau obat nyamuk bakar).

Karena alat VoltMeter masih di kedai, iseng2 aku coba cek tegangan yang keluar dari genset, 220 volt, cukup baik (wajar aja sich, kan genset baru.. he..he..) aku perhatikan cahaya lampu. jauh lebih terang dibandingkan kalau pakai PLN, kemudian aku ke kulkas shawcase, kuperhatikan kaca depannya sudah mulai berembun.  kapan ya PLN bisa kembali normal lagi.. semoga tidak lama lagi..

Tapi harapanku nampaknya ditunda dulu, sebab pagi ini (14 july 2007) aku baca analisa tentang teggelamnya rotor generator ke sungai . duh..

Tinggalkan Balasan

